JILFest 2011 Mengangkat Citra Sastra Indonesia Di Dunia Internasional

E. Syahputra
http://www.sumbawanews.com/

“Syair ini kupersembahkan untukmu/tatkala malam memekat langkah sang lautan/Cinta telah bertarung kembali dengan jaraknya/engkau nian terlukis di saat ombak.” Bunyi salah satu bait dari puisi cinta Leonowens SP yang berjudul “Ivory” saat dibacakan pada pembukaan The 2nd Jakarta International Literary Festival (JILFest) 2011 di Gedung Kesenian Jakarta (7/12).

Selain dihadirkannya Leonowens SP dalam The 2nd JILFest 2011 tersebut, juga hadir sederet nama sastrawan nasional yang mengisi acara di malam itu seperti Cecep Samsul Bahri sebagai pembawa acara, Sutardji Calsoum Bachri, Abdul Karim Ibrahim, Ahmad Syubanuddin Alwy, Yanusa Nugroho, Nana Rizki Susanti.?Juga ikut hadir peserta luar negeri yang mengisi acara, yaitu Jeffri Arif asal Brunei Darussalam, Wang Xi dari Republik Rakyat China, Werner Schulce dari Austria.

Kesuksesan The 2nd JilFest 2011 diselenggarakan atas kerjasama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Komunitas Sastra Indonesia, dan Komunitas Cerpen Indonesia, Ahmadun Yosi Herfanda sebagai ketua panitia pelaksana. Acara juga diisi dengan laporan Kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman, sambutan dari Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Drs. Sukesti Martono, pengumuman pemenang sayembara penulisan cerpen, peluncuran buku karya sastra peserta JILFest 2008 dan 2011, serta pentas sastra Jawa Macopatan oleh grup Mocopat Indonesia.

Keesokan harinya (8/12) beberapa agenda acara The 2nd JILFest 2011 dilaksanakan workshop penulisan cerpen, puisi, dan musikalisasi puisi dengan menghadirkan Acep Zamzam Noor, Diah Hadaning, Jamal D. Rahman, Zen Hae, Triyanto Triwikromo, Joni Ariadinata, Ane B. Neh, Shobir Purwanto. Pembacaan puisi juga diisi oleh beberapa penyair, seperti Chavchay Syaefullah, Ahda Imran, Habiburrahman El Shirazy, Dimas Arika Miharja, Jumari HS, dan penyair-penyair dari berbagai daerah lainnya.

The 2nd JILFest 2011 dilaksanakan hingga tanggal 9 Desember dengan beberapa agenda kegiatan seperti pertunjukan seni budaya Indonesia, seminar sastra internasional, penerbitan buku, serta wisata budaya.

12/11/2011

Komentar