Langsung ke konten utama

Inspirator--Winston Churchill

Dwi Fitria
http://jurnalnasional.com/

Winston Churcil adalah salah seorang negarawan paling terkemuka yang pernah dimiliki Inggris. Churchillah yang memimpin Inggris di masa Perang Dunia II, dan di masa kepemimpinannya yang lima tahun inilah (!940-1945) yang membuat sejarah modern Inggris tak akan bisa dilepaskan dari namanya.

Sir Winston Leonard Spencer Churchill dilahirkan pada 30 November 1874 dalam sebuah keluarga yang memang sudah lama memilki pengaruh cukup besar dalam politik Inggris.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Harrow, dan kemudian akademi militer Sandhurst, Churchill sempat beberapa waktu masuk ke angkatan bersenjata Inggris. Setelah beberapa tahun bergelut di militer, Churchill pun memulai babak karir politiknya. Pada 1900 ia terpilih sebagai anggota konservatif Parlemen Inggris. Churchill menjabat berbagai posisi penting dalam parlemen.

Langkah-langkahnya senantiasa kontroversial. Ia mendukung gerakan Zionis di Palestina (1921-1922), ia juga memberikan dukungan pada Edward VIII yang saat itu berniat menikahi seorang janda berkebangsaan Amerika, Wallis Simpson. (Tindakan Edward ini kemudian dikenal sebagai Abdication Crisis dalam sejarah Inggris). Ia juga menyatakan pandangannya bahwa Partai Buruh adalah sebuah partai yang totaliter.

Ia dua kali memegang jabatan Perdana Menteri Inggris, mulai tahun 1940-1945, dan mulai 1951-1955. Terjadinya Perang Dunia II mengharuskan Churchill mengambil langkah-langkah taktis. Hingga saat itu Inggris tidak memiliki seorang menteri khusus menangani masalah perang. Kondisi yang memperlihatkan bahwa sebuah perang panjang akan terjadi mendorong Churchill untuk mengangkat dirinya sendiri sebagai Menteri Pertahanan.

Ia kemudian menunjuk orang kepercayaannya, Lord Beaverbrook, untuk mengawasi pembuatan pesawat-pesawat perang Inggris. Keputusan ini di belakang hari terbukti tepat. Dengan bantuan Beaverbrook, Angkatan Bersenjata Inggris bisa mempersenjatai diri dalam waktu amat singkat. Dan ini membuat perbedaan besar dalam menentukan kemenangan Inggris kelak.

Churchill adalah sosok multitalenta. Selain cakap berpolitik, ia juga seorang penulis dan sejarawan yang amat piawai. Sepanjang kariernya ia telah membuat sebuah novel, dua buah biografi, tiga seri memoar, juga ratusan artikel yang dimuat di berbagai suratkabar dan majalah. Tulisan-tulisannya yang paling terkenal dimuat oleh harian Evening Standard, di antaranya berisi peringatan tentang kebangkitan Hitler.

Tahun 1953, ia dianugerahi Hadiah Nobel bidang sastra untuk “kepiawaiannya memberikan deskripsi historis dan biografis sekaligus kecemerlangan orasinya dalam membela nilai-nilai kemanusiaan.” Meskipun telah memenangi hadiah sastra paling bergengsi ini, Churchil sendiri mengaku lebih menyukai jika ia memenangi Hadiah Nobel perdamaian. Winston Churchill meninggal dunia pada 24 Januari 1965.

Komentar

Sastra-Indonesia.com

PUstakapuJAngga.com