Selasa, 15 November 2011

Drama Musikal: Menonton Penonton Onrop!

Agus Noor
Kompas, 28 Nov 2010

HARAPAN, gairah, dan kerinduan itu terasa selama sembilan hari pertunjukan Onrop! yang berlangsung 13-21 November lalu, di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Berada di antara para penonton, kita bisa ikut merasakan kegembiraan mereka, yang ikut bertepuk, menyanyi, dan tertawa, sepanjang pertunjukan drama musikal yang disutradarai Joko Anwar itu. Inilah tontonan, yang terasa pas dengan para sosialita dan kelas menengah Jakarta, yang merindukan ”hiburan alternatif”, di luar film dan konser musik yang berlimpah.

Sebagai sebuah tontonan, Onrop! memang telah memuaskan banyak penonton. Tapi, menyaksikan gairah para penonton tersebut, juga menjadi tontonan tersendiri. Setidaknya bagi saya: seperti menonton penonton yang punya kelas sendiri. Penonton yang ingin mengidentifikasikan selera dan minatnya terhadap bentuk pertunjukan yang mereka tonton.

Situasi itu mengingatkan saya pada masa-masa ketika Teater Koma muncul dan menjadi alternatif pertunjukan yang banyak ditonton publik Jakarta. Kemunculan Teater Koma, selain pencapaian artistik yang mereka kembangkan, tidak bisa dilepaskan dari tumbuhnya selera penonton kelas menengah yang kemudian menjadi basis penontonnya. Teater Koma mampu mengisi ”ruang kosong” dunia pertunjukan dan hiburan yang sesuai dengan selera kelas menengah Jakarta. Seperti ditengarai Jakob Sumardjo, yang mencatat sejarah pertunjukan teater di Indonesia, pertumbuhan panggung teater di negeri ini memang tak bisa dilepaskan dari dinamika dan perubahan selera yang terjadi di kelas menengah perkotaan.

Ekspresi budaya kota

Perlu dicatat, pada periode kemunculan Teater Koma itu, pentas-pentas seni tradisi terasa semakin tidak mendapat tempat, terpinggirkan, dan ditinggalkan penonton, seakan panggung pertunjukan tradisi itu tak lagi mewakili ekspresi budaya perkotaan yang tengah berubah. Publik penonton kelas menengah seakan ”merindukan” bentuk pertunjukan yang lebih segar dan baru. Karena itu, kemasan teater modern, dengan nyanyian dan struktur dramaturgi yang terencana rapi, yang dikembangkan Teater Koma dalam pentas-pentasnya (mulai dari Opera Julini, Opera Ikan Asin, sampai Burisrawa) seolah menjadi bentuk pertunjukan yang cocok dan sesuai dengan pertumbuhan selera penonton kelas menengah Jakarta itu. Dengan formulasi komedi, satir, kritik sosial, nyanyian dan tata artistik pemanggungan yang tergarap dengan baik, pentas-pentas Teater Koma kemudian menarik hasrat penonton untuk mendatangi gedung teater.

Dengan formulasi pertunjukan yang tak jauh berbeda dengan Teater Koma itu, pertunjukan drama musikal Onrop! bisa langsung tune in dengan penonton. Berkisah tentang Bram, penulis novel, yang cemas dan tertekan karena lingkungan sosial yang mulai menerapkan ”standar moralitas bagi setiap warga negaranya”, Onrop! seperti mengingatkan bahaya otoritarianisme berkedok moralitas yang kini terasa mengancam kehidupan yang penuh cinta dan toleransi. Bram, yang dianggap melanggar moralitas, akhirnya dihukum buang ke Pulau Onrop, sebuah pulau yang angker dan mengerikan, tempat di mana para penjahat yang mengancam ketertiban moral dibuang dan diasingkan. Tapi pada kenyataannya, Pulau Onrop tidaklah sebagaimana yang digambarkan oleh penguasa moral, hakim-hakim moral.

Kita tak hanya mendapatkan bentuk hiburan yang tergarap dengan baik secara artistik dan dramatik, tetapi juga (ini yang penting) komunikatif dan lumayan reflektif. Penonton menemukan hiburan yang secara artistik sesuai dengan selera mereka, sekaligus memperoleh peluang untuk mengenali apa yang menjadi persoalan dan kegelisahan bersama.

Cerita yang ringan, dengan struktur penceritaan yang populer, menjadikan alur pertunjukan bisa mengalir lancar. Humor seputar seksualitas, dan sentilan sosial atas isu-isu aktual, dengan gampang memancing tawa penonton. Dan inilah yang membuat Onrop! terasa akrab, dekat dan komunikatif. Tema soal ”ornopgrafi dan ornopaksi” juga merupakan tema yang langsung menjadi kegelisahan para penonton yang modis dan wangi itu. Onrop! seperti mampu mengartikulasikan kegelisahan, kecemasan, sampai kejengkelan mereka terhadap ancaman ”otoritarianisme” moral yang langsung bersentuhan dengan gaya hidup mereka.

Mengaitkan Onrop! dengan karakter dan antusiasme penonton yang menyertainya, tak bisa dilepaskan dari banyaknya drama musikal yang belakangan ini banyak digelar di Jakarta. Bisa dicatat pementasan Gita Cinta The Musical (Ari Tulang, diproduksi ArtSwara), yang digelar 19-21 Maret di Graha Bakti Budaya, TIM. Kemudian Jakarta Love Riot (Rusdy Rukmarata-EKI Dance Company) yang digelar 2-4 Juli di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ); Diana (Garin Nugroho-Kompas) Balai Sidang, Senayan, 7-8 Juli; Dreamgirls (Frida Tumakaka, Alicia Kasih-Jakarta Broadway Team) Balai Kartini, Jakarta, 17-18 Juli 2010. Dan yang juga terasa antusias ditunggu oleh publik Jakarta, yang sebentar lagi digelar: Laskar Pelangi (Riri Reza).

Di luar pertunjukan musikal yang disebut itu, sudah tentu masih banyak lagi pertunjukan yang telah menjadi bagian ingatan penonton Jakarta. Terus terang, saya tak menonton semua pertunjukan itu. Tetapi rasanya pertunjukan Onrop! itulah yang seakan mampu memperlihatkan gairah dan antusiasme penonton kelas menengah Jakarta terhadap fenomena drama musikal. Tak berlebihan apabila kita berharap, andai saja Joko Anwar atau yang lain mau secara kontinu memproduksi drama musikal, maka antusiasme penonton itu akan makin terbentuk dan menjadi penopang industri pertunjukan seperti ini. Persoalan terbesar yang sering bikin ngeper adalah biaya produksi yang tinggi. Juga tiket yang akhirnya menjadi mahal.

Soal tiket yang mahal itu, saya ingat sebuah joke: bila bikin pertunjukan di Jakarta, semakin mahal tiketnya, justru semakin diburu. Karena sering kali terjadi, tiket yang pertama kali ludes atau habis terjual justru tiket yang paling mahal, bukan yang kelas festival. Joke itu mungkin menggambarkan minat dan antusiasme penonton kelas menengah itu: yang butuh hiburan bagus, tak soal tiket mahal.

Jadi, jangan khawatir. Ayo terus bikin drama musikal!

Agus Noor, Cerpenis dan Penulis Naskah Monolog
Dijumput dari: http://cabiklunik.blogspot.com/2010/11/drama-musikal-menonton-penonton-onrop.html

Tidak ada komentar:

Label

A Rodhi Murtadho A. Aziz Masyhuri A. Qorib Hidayatullah A. Zakky Zulhazmi A.J. Susmana A.S. Laksana Aa Maulana Abdi Purnomo Abdul Azis Sukarno Abdul Aziz Rasjid Abdul Hadi W.M. Abdul Kadir Ibrahim Abdul Lathief Abdul Wachid B.S. Abdurrahman Wahid Abidah El Khalieqy Acep Zamzam Noor Ach. Sulaiman Achdiar Redy Setiawan Adhitia Armitrianto Adhitya Ramadhan Adi Marsiela Adi Prasetyo Afrizal Malna Ags. Arya Dipayana Aguk Irawan MN Agunghima Agus B. Harianto Agus Buchori Agus M. Irkham Agus Noor Agus R. Sarjono Agus R. Subagyo Agus Sri Danardana Agus Sulton Agus Wibowo Aguslia Hidayah Ahda Imran Ahmad Fatoni Ahmad Hasan MS Ahmad Ikhwan Susilo Ahmad Kekal Hamdani Ahmad Khotim Muzakka Ahmad Rafiq Ahmad Sahal Ahmad Syubbanuddin Alwy Ahmad Yulden Erwin Ahmad Zaini Ahmadun Yosi Herfanda Ajip Rosidi Akhiriyati Sundari Akhmad Sekhu Akmal Nasery Basral Alex R. Nainggolan Ali Ibnu Anwar Ali Murtadho Alia Swastika Alunk S Tohank Amanda Stevi Amien Kamil Amien Wangsitalaja Anes Prabu Sadjarwo Anindita S Thayf Aning Ayu Kusuma Anjrah Lelono Broto Anton Kurnia Anton Suparyanto Anugrah Gio Pratama Anung Wendyartaka Aprinus Salam Ardi Bramantyo Arie MP Tamba Arief Junianto Arif Bagus Prasetyo Aris Setiawan Arman AZ Arswendo Atmowiloto Arti Bumi Intaran AS Sumbawi Asarpin Asep Dudinov Ar Asep Sambodja Asvi Warman Adam Awalludin GD Mualif Ayung Notonegoro Bagja Hidayat Balada Bale Aksara Balok Sf Bambang Kariyawan Ys Bambang Kempling Bandung Mawardi Baridul Islam Pr Bayu Agustari Adha Beni Setia Benny Arnas Benny Benke Berita Berita Utama Bernando J. Sujibto Berthold Damshauser Binhad Nurrohmat Boni Dwi Pramudyanto Bonnie Triyana Boy Mihaballo Bre Redana Brunel University London Budi Darma Budi Hutasuhut Budi P. Hatees Budiman Sudjatmiko Bulqia Mas’ud Bung Tomo Burhanuddin Bella Cak Kandar Catatan Cerbung Cerpen Chairil Anwar Chairul Abshar Chamim Kohari Chandra Johan Chavchay Syaifullah Cover Buku Cucuk Espe D. Dudu AR D. Kemalawati D. Zawawi Imron Dadang Kusnandar Dahono Fitrianto Dahta Gautama Damhuri Muhammad Dami N. Toda Damiri Mahmud Danarto Daniel Paranamesa Darju Prasetya Darmanto Jatman David Krisna Alka Deddy Arsya Dedi Muhtadi Dedy Tri Riyadi Deni Andriana Denny JA Denny Mizhar Deny Tri Aryanti Dewi Rina Cahyani Dian Dian Hartati Dian Sukarno Dina Oktaviani Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan Dino Umahuk Djadjat Sudradjat Djoko Pitono Djoko Saryono Dorothea Rosa Herliany Dwi Cipta Dwi Fitria Dwi Pranoto Dwi S. Wibowo Dwi Wiyana Dwicipta E. Syahputra Ebiet G. Ade Eddy Flo Fernando Edi Sembiring Edy Firmansyah Eep Saefulloh Fatah Eka Budianta Eka Fendri Putra Eka Kurniawan Ekky Siwabessy Eko Darmoko Elnisya Mahendra Emha Ainun Nadjib Emil WE Endah Wahyuningsih Endhiq Anang P Erwin Y. Salim Esai Esha Tegar Putra Evan Ys Evi Idawati F Rahardi Fahmi Fahrudin Nasrulloh Faidil Akbar Faisal Kamandobat Faiz Manshur Fajar Kurnianto Fajar Setiawan Roekminto Fakhrunnas MA Jabbar Farid Gaban Fathan Mubarak Fathurrahman Karyadi Fatkhul Anas Fazar Muhardi Febby Fortinella Rusmoyo Felik K. Nesi Festival Sastra Gresik Fikri. MS Fitri Yani Frans Ekodhanto Frans Sartono Franz Kafka Fredric Jameson Friedrich Nietzsche Fuad Anshori Fuska Sani Evani G30S/PKI Gampang Prawoto Ganug Nugroho Adi Geger Riyanto Gerakan Surah Buku (GSB) Gerson Poyk Gibb Gilang Abdul Aziz Ging Ginanjar Gita Pratama Goenawan Mohamad Grathia Pitaloka Gugun El-Guyanie Gunoto Saparie Gusti Eka H.B. Jassin Hadi Napster Hadriani Pudjiarti Halim H.D. Hamdy Salad Han Gagas Handoko Adinugroho Happy Ied Mubarak Hardi Hamzah Harfiyah Widiawati Hari Puisi Indonesia (HPI) Hari Santoso Harie Insani Putra Haris del Hakim Haris Priyatna Hary B Kori’un Hasan Junus Hasif Amini Hasnan Bachtiar Hasta Indriyana Helmi Y Haska Helwatin Najwa Hendra Sugiantoro Hendri R.H Hendry CH Bangun Henry Ismono Hepi Andi Bastoni Heri KLM Heri Latief Herie Purwanto Herman Rn Heru CN Heru Joni Putra Hudan Hidayat Hudan Nur I Nyoman Darma Putra I Nyoman Suaka I Nyoman Tingkat I Tito Sianipar Ibnu Wahyudi Icha Rastika Idha Saraswati Ignas Kleden Ignatius Haryanto Ilenk Rembulan Ilham Q Moehiddin Ilham Yusardi Imam Muhtarom Imamuddin SA Iman Budhi Santosa Imron Rosyid Imron Tohari Indira Permanasari Indra Intisa Indra Tjahyadi Indra Tranggono Irfan Budiman Ismi Wahid Istiqamatunnisak Iwan Komindo Iwan Kurniawan Iwan Nurdaya Djafar Iyut FItra Izzatul Jannah J Anto J.S. Badudu Jafar M. Sidik Jamal D Rahman Jamal T. Suryanata Jamil Massa Janual Aidi Januardi Husin Javed Paul Syatha Jefri al Malay JJ Kusni JJ Rizal Jo Batara Surya Jodhi Yudono Johan Khoirul Zaman Joko Pinurbo Joko Sandur Joni Ariadinata Joss Wibisono Jual Buku Paket Hemat Judyane Koz Jusuf AN Karkono Kasnadi Katrin Bandel Kedai Kopi Sastra Kedung Darma Romansha Ken Rahatmi Khairul Amin Khairul Mufid Jr Khoshshol Fairuz Kirana Kejora Koh Young Hun Komang Ira Puspitaningsih Komunitas Deo Gratias Kostela (Komunitas Sastra Teater Lamongan) Kritik Sastra Kurniawan Kurniawan Junaedhie Lan Fang Lathifa Akmaliyah Latief S. Nugraha Leila S. Chudori Lela Siti Nurlaila Lidia Mayangsari Lie Charlie Liestyo Ambarwati Khohar Liza Wahyuninto Lukas Adi Prasetyo Luky Setyarini Lutfi Mardiansyah M Fadjroel Rachman M. Arman A.Z M. Arwan Hamidi M. Faizi M. Lubabun Ni’am Asshibbamal S M. Mustafied M. Nahdiansyah Abdi M. Shoim Anwar M. Taufan Musonip M. Yoesoef M.D. Atmaja Mahdi Idris Mahfud Ikhwan Mahmud Jauhari Ali Mahwi Air Tawar Mainteater Bandung Maman S. Mahayana Manneke Budiman Mardi Luhung Marhalim Zaini Maria Bo Niok Mario F. Lawi Mark Hanusz Marsudi Fitro Wibowo Martin Aleida Martin Suryajaya Marwanto Maryati Mashuri Matdon Matroni A. el-Moezany Maya Mustika K. Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri Mezra E. Pellondou MG. Sungatno Mh Zaelani Tammaka Mihar Harahap Mila Novita Misbahus Surur Muhajir Arrosyid Muhammad Al-Fayyadl Muhammad Ali Fakih Muhammad Amin Muhammad Antakusuma Muhammad Iqbal Muhammad Muhibbuddin Muhammad Nanda Fauzan Muhammad Rain Muhammad Yasir Muhammad Zuriat Fadil Muhammadun A.S Mulyadi J. Amalik Munawir Aziz Murparsaulian Musdalifah Fachri Musfi Efrizal Mustafa Ismail Mustofa W. Hasyim N. Syamsuddin CH. Haesy Naskah Teater Nazaruddin Azhar Nelson Alwi Nenden Lilis A Neni Nureani Ni Putu Rastiti Nirwan Dewanto Nita Zakiyah Noor H. Dee Noval Jubbek Novel Nur Faizah Nur Syam Nur Wahida Idris Nurani Soyomukti Nurdin Kalim Nurel Javissyarqi Nurrudien Asyhadie Nurul Anam Nurul Hadi Koclok Nurur Rokhmah Bintari Nuryana Asmaudi Odi Shalahuddin Oei Hiem Hwie Okky Madasari Okta Adetya Olivia Kristina Sinaga Otto Sukatno CR Oyos Saroso HN Pablo Neruda Pamusuk Eneste Pandu Radea Parakitri Parulian Scott L. Tobing PDS H.B. Jassin Pengantar Buku Kritik Sastra Pepih Nugraha Pesan Al Quran untuk Sastrawan Petrik Matanasi Pipiet Senja Pitoyo Boedi Setiawan Ponorogo Pramoedya Ananta Toer Pringadi Abdi Surya Prof Dr Faisal Ismail MA Prosa Puisi PuJa Puji Santosa Pungkit Wijaya PUstaka puJAngga Putri Utami Putu Setia Putu Wijaya R. Toto Sugiharto Radhar Panca Dahana Ragil Supriyatno Samid Rahmat Sudirman Rakai Lukman Rakhmat Giryadi Ramadhan Batubara Ramadhan Pohan Rameli Agam Ramon Damora Ranang Aji SP Ratih Kumala Ratna Ajeng Tejomukti Ratu Selvi Agnesia Raudal Tanjung Banua Reko Alum Reny Sri Ayu Resensi Revolusi RF. Dhonna Riadi Ngasiran Ribut Wijoto Rinto Andriono Riris K. Toha-Sarumpaet Risang Anom Pujayanto Robin Dos Santos Soares Rodli TL Rofiqi Hasan Rosdiansyah Rukardi S Yoga S. Jai S. Satya Dharma S.I. Poeradisastra S.W. Teofani Sabiq Carebesth Sabpri Piliang Sabrank Suparno Sahaya Santayana Saifur Rohman Sainul Hermawan Sajak Sal Murgiyanto Salamet Wahedi Salman Rusydie Anwar Salyaputra Samsudin Adlawi Sandipras Sanggar Pasir Sapardi Djoko Damono Sarabunis Mubarok Saroni Asikin Sartika Dian Nuraini Sastra Sastra Perlawanan Sastri Sunarti Satmoko Budi Santoso Saut Situmorang Sejarah Sekolah Literasi Gratis (SLG) Sekolah Literasi Gratis (SLG) STKIP Ponorogo Seno Gumira Ajidarma Seno Joko Suyono Sergi Sutanto Shafwan Hadi Umry Shiny.ane el’poesya Sholihul Huda Sigit Susanto Sihar Ramses Simatupang Sita Planasari A Siti Irni Nidya Nurfitri Siti Rutmawati Siti Sa’adah Sitok Srengenge Siwi Dwi Saputro Sjifa Amori Sofian Dwi Sofyan RH. Zaid Soni Farid Maulana Sony Prasetyotomo Sosiawan Leak Sri Wintala Achmad St Sularto Sudarmoko Sulaiman Tripa Sultan Yohana Suminto A. Sayuti Sunaryono Basuki Ks Sungatno Sunlie Thomas Alexander Sunu Wasono Sunudyantoro Suroto Surya Lesmana Suryanto Sastroatmodjo Susianna Sutan Takdir Alisjahbana Sutardi Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Suwardi Endraswara Syaiful Amin Syarif Hidayat Santoso Syarifudin Syifa Amori Syifa Aulia Tajuddin Noor Ganie Tantri Pranashinta Tanzil Hernadi Taufik Ikram Jamil Taufiq Wr. Hidayat Teguh Winarsho AS Tengsoe Tjahjono Th. Sumartana Theo Uheng Koban Uer Theresia Purbandini Thowaf Zuharon Tien Rostini Titian Sandhyati Tjahjono Widarmanto Tjahjono Widijanto Tjoet Nyak Dhien Toef Jaeger Toko Buku Murah PUstaka puJAngga Lamongan Tri Wahono Triyanto Triwikromo Tu-ngang Iskandar Tulus Wijanarko Udin Badruddin Udo Z. Karzi Umar Fauzi Umbu Landu Paranggi Umi Laila Sari Umi Lestari Universitas Indonesia Untung Wahyudi Virdika Rizky Utama Vyan Taswirul Afkar W.S. Rendra Wahyu Prasetya Wahyudi Akmaliah Muhammad Wawan Eko Yulianto Wawancara Welly Adi Tirta Widi Wastuti Wiji Thukul Wisnu Kisawa Wiwik Widayaningtias Y. Thendra BP Yona Primadesi Yosephine Maryati Yosi M Giri Yudhis M. Burhanuddin Yulizar Fadli Yurnaldi Yusri Fajar Yuyuk Sugarman Zainal Arifin Thoha Zaki Zubaidi Zamakhsyari Abrar Zawawi Se Zehan Zareez Zulkarnain Zubairi