Abdul Kadir Ibrahim
www.tanjungpinangpos.co.id 02/02/2014
Kata: Akulah Puisi
Sekali lagi kita ajak para pemula dan sesiapa yang sudah merasa sebagai menulis puisi, tetapi mungkin merasa belum berhasil atau mengena, tiada jalan lain kecuali membaca puisi-puisi penyair lainnya yang sudah “jadi” dan selalu membaca dan mengubah secara mendalam puisi yang ditulis sendiri. Penulisan puisi boleh berangkat dari persoalan apapun, tetapi lagi-lagi ia tidak mengangkat persoalan ke dalam puisi sebagaimana faktanya seperti penulisan berita, reportase ataupun laporan. Puisi bahasa “istimewa” seni dan indah.
Kata Ignas Kleden dalam “Sastra Indonesia dalam Enam Pertanyaan” (2004), dengan lain perkataan, puisi datang kepada kita bukan lewat gagasan atau ide. Seandainya pun ada ide yang harus disampaikan, komunikasi dan penerusan ide itu tidak dilakukan lewat konseptualisme, melainkan lewat nada, imaji, sentuhan dengan benda-benda, keterpesonaan pada warna dan cahaya atau impresi yang dirangsang oleh bunyi dan suara. Yang terjadi dalam puisi adalah peristiwa yang lain sama sekali wujudnya, yaitu “saya mengalami maka saya ada”.
Seperti kita tahu, pengalaman bukanlah perjumpaan intelektual dengan dunia, melainkan keterlibatan eksistensial di dalamnya.Dalam puisi terjadi transposisi pikiran menjadi pengalaman dan suasana, rindu menjadi getar dan perasaan, proposisi menjadi instuisi, dan intuisi menjadi vision tentang warna langit dan bau hutan, dan argumentasi yang tersusun rapi menjadi imaji yang liar berkejar-kejaran.
Dalam menulis atau membubuhkan judul karangan ataupun buku sekalipun, kata-katanya adalah kata-kata pilihan yang lazim pula tidak telanjang dan terang benderang, melainkan menyiratkan seni-sastra.Sebagai misal, lihatlah Bung Karno yang menulis banyak buku, antara lain berjudul Di Bawah Bendera Revolusi.Dari kata judul buku itu telah dengan sangat mengajuk-ajuk dan menggugah pikiran kita apa gerangan yang dimaksudkan dengan judul tersebut. Jikapun Bung Karno masih hidup, tidak ada relefansinya kita menanyakan apamakna dan maksud judul bukunya itu.
Hal terpenting adalah dari kata yang dipakainya sebagai judul bukunya itu telah memberi kita ruang untuk berpikir, menginterpretasi, menafsirkan, dan mengapresiasi sesuai dengan pikiran kita masing-masing. Tentang apa? Banyaklah jawabannya! Bahwa betapa kata diletakkan sebagai simbol, metafora atau perlambangan sebagai menyembunyikan makna dan maksud secara langsung, dan sebaliknya memainkan makna-maksud yang sangat menyentak, misteri dan indah.Apatah lagi kata-kata yang dipakai sebagai bangunan kalimat ataupun baris-baris puisi.
Sekali lagi, kita hendak menjadi penulis puisi (penyair) mau tak mau, suka tak suka bukan teori tentang puisi (sajak) yang mesti banyak dibaca, tetapi bagaimana volume, jumlah dan lamanya kita membaca karya puisi penyair yang ada. Dengan itulah kita dapat menemukan pola, bentuk, gaya dan jatidiri bagi puisi yang kita tulis. Sebagai ajukan, saya hendak berkisah apa yang saya alami belum lama ini yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan puisi di Indonesia. Adalah di penghujung tahun 2013nyaris dalam waktu bersamaan saya menerima limabuku kumpulan puisi langsung dari penyair Indonesia yang begitu sudah punya nama.
Sungguh menggembirakan dan seketika diterima maka hanya dalam beberapa saat kemudian langsung hatamlah saya membacanya.Ada yang sayabaca di tempat acara, di hotel, di bandara ataupun di pesawat terbang. Buku puisi yang saya maksudkan, pertama, Ros karya Rida K Liamsi (Yayasan Sagang, Pekanbaru, 2013), yang saya terima di Pekanbaru, 12 Oktober 2013. Kedua,Kopi, Kretek, Cinta karya Agus R Sarjono (Komodo Books, Depok, Juni 2013), yang saya terima dalam pesawat terbang tatkala penerbangan dari Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang-Soekarno-Hatta, Jakarta, 29 November 2013. Ketiga, Air Mata Kopi karya Gol A Gong (Gong Publishing, Serang, Oktober 2013) yang saya terima di Rumah Dunia, Serang, Banten, 30 November 2013. Keempat, Rontaan Masehi karya Iwan Kurniawan (Terbit Press, Bogor, Juli 2013), yang saya terima di Tanjungpinang, 14 Desember 2013. Kelima, Di Bawah Tanah karya Raudal Tanjung Banua (Akar Indonesia, Yogyakarta, Oktober 2013) yang saya terima di sela-sela acara Pertemuan Sastrawan Nusantara (PSN) XVII di Pekanbaru, Riau.
Perlu saya sisipkan kabar pula, di samping kelima buku kumpulan puisi itu, saya juga menerbitkan sebuah kumpulan puisi, Mantra Cinta (Akar Indonesia, Yogyakarta, Agustus 2013). Buku kumpulan puisi ini sebagai menyertai kedelapan judul buku saya yang terbit tahun yang sama, yakni Tanah Air Bahasa Indonesia (Esai), Politik Melayu(Esai), Santet Tujuh Pulau(Kumpulan cerpen), Karpet Merah Wakil Presiden(Kumpulan cerpen), Tanjung Perempuan (Kumpulan cerpen), dan Harta Karun (Cerita anak dan remaja) yang masing-masing diterbitkan oleh Komodo Books, Depok, 2013. Kemudian Memburu Kasih Perempuan Sampan (Novel) diterbitkan Akar Indonesia, Yogyakarta, 2013 dan Kartini & Aisyah Sulaiman Cinta Sekian Mendalam (Esai) diterbitkan Melaz Grafika, Tanjungpinang, 2013.
Maksud kita mengemukakan judul-judul kumpulan puisi antara lain yang saya terima dalam tahun 2013 itu, tak lain sebagai memberi kabar kepada sesiapa saja peminat, penyuka dan penulis puisi (penyair), bahwa menulis puisi ataupun karya sastra lainnya bukan hanya sekedar menulis atau ditulis dengan tanpa kesungguhan, keseriusan dan pembelajaran. Ianya ditulis dengan pemikiran dan perenuangan yang sungguh-sungguh dan mendalam.
Jikapun dalam sekali waktu, sekali jalan langsung jadi, tetapi tidaklah bermakna bahwa puisi yang sudah ditulis itu dapat kukuh sebagai sebuah puisi.Ianya masih perlu dibaca ulang, disigi, direnyai, dipahami, diganti katanya, dan terus dipoles sehingga benar-benar memadailah dipandang sebagai puisi.Soal tema, obyek, gagasan, ide ataupun imajinasi sebagai pangkal ditulisnya puisi boleh bebas dan seluas-luasnya.Namun bukanlah sebagaimana tindakan seorang menulis laporan ataupun berita.Tentang hal ini sudah kita tekankan pada pembahasan-pembahasan sebelumnya.
Rida K Liamsi, lahir di Singkep, Kepulauan Riau, 17 Juli 1943.Menulis puisi amat berbait dan bersebati dengan kesehariannya, negerinya, lingkungannya, budayanya dan apa-apa mengitarinya sepanjang perjalanan hidupnya.EDE X: Ada seribu mawar/ seribu merah/ seribu pagi/ basah// Tapi aku mau pergi/ dari satu ke lain malam/ Luluhkan sukma dalam gaung gaib/ gua resahku/ Karena seribu bunga layu/ dalam genggamanku/ Karena aku tak bisa berikan selamat pagiku/ pada kupu-lupu// Mawar merah/ pagi yang basah/ Jangan berikan selamat pagimu/ Pada bumi/ yang cemburu kupu-kupu/ berikan bau peluhmu. Agus R Sarjono, lahir di Bandung, 27 Juli 1962. Sama halnya dengan Rida, menulis puisi amat jeli dan memahami serta memaknai apa-apa perkara yang berlaku di sekitarnya.Apa saja bagi Agus bisa menjadi puisi.
Selepas Perjamuan: Semua telah pergi. Di piring tinggal duri/ duri yang menganga.Jejak-jejak kaki/ di lantai dingin.Tumpahan saus/ nasi basin dan tulang-tulang ayam berserakan/ di paru-paruku. Dari jendela/ kulihat engkau di restoran lain/ bersendawa tak habis-habisnya// Di sebuah pinggan/ kulihat sepotong ikan bagai diriku/ terendam di kuah yang salah/ hingga rasanya kikuk dan masam di lidah./ Maka kukemasi diam-diam sisa bumbu/kulit bawang dan pecahan telur/ yang berserak dalam batinku.// Akupun belajar memasak bagi diriku/ sendiri. Sekali saja kau sebut kata perjamuan/ piring-piring di nadiku segera berderak pecah/ membikin hatiku luka parah.
Gol A Gong, lahir di Purwakarta, 15 Agustus 1963. Begitu mahir dan fasih mengambil segala apa yang berlaku dan dimati atau dialaminya sehingga menjadi puisi. Bagaimana peristiwa iamelampauwi banyak daerah di Indonesia tertuang dalam puisinya. Salah satunya tentang bagaimana perempuan malam dan hidung belang di Pulau Serindit, Bunguran, Natuna. Yang sungguh mati, apa gerangan sehingga beberapa tahun terakhir ini sudah “berkeliaran” perempuan yang dulu dikatakan orang sebagai “pelacur”.
Semakin menghenyakkan hati, terjadi di dalam “Kota Bunguran Timur”.KOPI PANGKU: Seorang wanita Jawa menanak air laut/ senja robek di Natuna selatan China/ kursi-kursi berjejer di pasir kasar/ kopi plastik dipajang siap ditawarkan/ diaduk keruh dengan gula sembilu/ keringat bercampur lenguh kuda binal.// “Malam dingin di Natuna, apakah langit/ Penuh bintang?” isteriku tersenyum di rumah./ Kujawab, “Hanya ada wajahmu di bintang.”// Wanita Jawa menyiapkan kursi pengantin/ menanyakan apa maharnya kepadaku/ dipersilahkannya gadis muda dipangku/ segelas kopi dalam genggaman kucing nakal/ meliuk musik hasrat sekarung keringat.// Setiap menghitung satu gelas kopi plastik/ diaduk dengan desahan panjang/ “Hilang lagi satu anakku,” tulisnya pilu.// Kau tahu Jakarta melipat ini di balik map/ tak peduli negeri tetangga memanjakan/ aku si pengembara menandai di buku harian/ kopi di negeriku terancam kedaulatan/ kopi diaduk kopi dipangku/ rasanya tak sepadan dengan harga diri. (Ranai, Natuna, 26 Oktober 2011).
Iwan Kurniawan, lahir di Nusa Tenggara Timur. Penyair muda Indonesia ini juga menulis puisi yang pada intinya terlihat benar sebagai puisi kritik sosial atau menyangkut persoalan sosial, di samping keagungan Tuhan. Tapi mesti begitu sama sekali tidak ada puisinya yang berapi-api sebagaimana pidato, ceramah atau tulisan opini (esai) lazim dihidangkan di hadapan khalayak dengan terus terang, dan menggugah, mengajak, menyuruh atau bahkan menegah untuk jangan atau tidak berbuat buruk atau salah. Tetap: tetaplah di sini, Ibu/ belum selesai malam mengucapkan selamat tinggal/ sebelum matahari merah timbul besok// tetaplah di sini saja/ perjuangan masih berlangsung/ dua mata api belum terbakar oleh gerhana perjanjian// busur-busur tertancap pada tiang/ hanya temali mengisyaratkan/ pada bekas memar di tapak kakimu// berjalan di sini saja, Ibu/ pabrik-pabrik belum tertutup/ dua bulldozer baru saja meratakan temboknya// berjalan di sini saja/ botol-botol vodka digilas/ ruangan berjemur dengan kerikil dan batu// tetaplah di sini, Ibu/ penjara hanya rumah kedua/ mengurung para nasionalis, koruptor, dan penjahat berdasi/ terali-terali melingkar pada baja dan besi/ membukakan lubang kecil bagi keledai// satu halaman kecil/ masih bisa bermain dan bercanda/ memaksakan angina untuk tidak masuk/ melewati jendela tanpa kain gorden// tetaplah di sini, Ibu/ dinding buta menjelma baja/ dentuman waktu sebentar lagi meledak/ melantarkan anak cucu dari tanah yang kita sebut Indonesia.
Terakhir, Raudal Tanjung Banua, yang lahir di Langsano, Kanagarian Taratak, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, 19 Januari 1975.Bagaimana Raudal menghidangkan betapa sentralnya sosok seorang ibu dan begitu juga kekasih.Penuh hormat, kasih-sayang, kesetiaan dan kerinduan.Tiada lagi sepantas cinta selain kepada bunda.Laci: ibu dan kekasih yang cemburu/ bagiku selalu baru/ seperti buku puisi/ tersimpan di laci tak terkunci/ ngengat mengerat/ anak-anak kalimat, kujadikan pengingat/ wajah ibu yang sabar serta surat kekasih/ rindu menanti, tetapi aku lama/ kembali: maka kucari ibu dan kekasih baru/ dalam puisi apa saja yang kumau.
Temukan Pukaunya Kata
Melayang awan/ embun rebas/ selembar daun kemunting terbang/ gelisah hati/ kekasih ke mana memantau!
Kita lihat dan baca puisi Ahad, 12 Januari 2014. Ditulis oleh 4 orang, Novita Tri P dengan puisinya “Suryaku”, Fanny Silvia dengan puisi “Mama” dan “Melangkah”, Giovanni dengan puisi “Harapan yang Sia-sia”, dan Adelia Lintang dengan puisi “Cinta Sejati”. Novita Tri P dapat diselam kedalaman puisi begitu mengagungkan ibu.Hampir seluruh baris puisinya menggunakan kata-kata sebagai mengisyaratkan demikian hebat dan luar biasanya ibu.
Tampak ikhtiar penyair ini untuk menempatkan metafora dalam puisinya. Hanya saja sebagian besar kata-kata metafora yang digunakan terkesan hanya menjadi kata ganti untuk ibu. Dikau bagai embun di pagi hari/ Menyambut matahari terbit/ Dikau bagai sinar matahari/ yang menyhinari kehidupanku/ Dikau bagai rembulan/ Yang sinarnya meneduhkan jiwaku/…Terlihat betapa masih perlu upaya untuk menyelami ke dalaman kata dalam penyajian puisi sehingga indah dan memukau.
Puisi Fanny Silvia yang berjudul “Mama” tak jauh beda dengan puisi Novita. Seluruh kata-kata puisinya adalah menuturkan tentang pengorbanan dan perjuangan ibu untuk anaknya. Begitu biasa bahasanya dan perlulah diikhtiarkan agar kelak lahirlah puisi tentang ibu yang mempesona. Mama…/ engkau adalah wanita yang hebat/ kau bagaikan bidadari dalam hidupku/ Mama…/….. Kemudian dalam puisi “Melangkah” Fanny Silvia, bagaimana pula kata puisinya.Saat jarak dinanti telah tiba/ Dan kita mulai melangkah maju/ Singkirkan arang (aral?Pen.) yang melintang/….. Sayang sekali kata-kata menjadi sekedar rangsangan, memotivasi, dorongan atau menyemangati sebagaimana lazimnya kata-kata dalam ceramah atau petuah biasa saja.
Puisi Giovanni “Harapan yang Sia-sia” sejatinya masih sebagai keluhan dan kegalauan yang dihidangkan dengan lazim dan lurus saja.Kata-kata pilihan dan tidak telanjang sayang sekali belum muncul.Sehingga menjadikan keseluruhan puisinya penuturan biasa juga.Pun puisi Adelia Lintang Kirana “Cinta Sejati” juga puja-puji terhadap ibu.
Meski demikian lebih elok dibanding puisi yang disebutkan di atas.Hanya saja masih belum mendalam dan kering.Kubangun istana cinta di atas setiaku/ Kulindungi dindingnya dengan/ percayaku….. Meski demikian, Novita, Fanny, Giovanni dan Adelia sudah menunjukkan ada kelebat kata yang nampak sehingga selanjutnya akan dapat melahirkan puisi yang sebagaimana dikenal luas.
Puisi Ahad, 19 Januari 2014 terdapat lima buah karya E. Naz Achmad. Dalam kaitan puisi-puisi penulis ini niscayalah berkaitan erat dengan pembahasan kita terdahulu.Pada arahan kita sebelumnya dan kali ini kembali dapat kita katakan puisi penyair ini amat mengkhususkan dan menampilkan pada persajakan dari akhir setiap baris.Dia begitu produktif menulis puisi, dan tentu kita berharap banyak kepadanya muncul ikhtiar dalam menyergamkan dan menyanggamkan puisi-puisinya.
Barangkali waktulah yang akan memberi laluan dan mengubahnya. Tapi sebelum itu sekali lagi perlu E. Naz Achmad meknai benar bahwa puisi sama sekali bukan sekedar peringatan, kabar, ajakan, himbauan ataupun sumpah-seranah. Puisi adalah kata pilihan, yang bernas, motafora, berisi dan seni.Coba kita salami penggalan puisinya “Percakapan”.Gunakanlah bahasa yang baik/ Ketika kita berada di mana saja/ agar fenomena memberikan keakraban/ …..
Selanjutnya pada Ahad, 26 Januari 2014 ada enam puisi karya Ferry “Kehilangan”, “Sahabat Terbaik”, “Hilang Semangatku”, dan “Sinar Mentariku”. Karya Yulia Sahbi “Bintang Kecilku” dan Machmudy Al-makkarSHARE menulis dalam bahasa inggris.Baik Ferry maupun Yulia serirama juga menampilkan puisi dengan penulis yang disebutkan di atas.Perlu banyak dan serius belajar menulis puisi dan membaca puisi-puisi penyair lainnya yang sudah jadi.Tidak ada salahnya bagi nama-nama yang kita sebutkan di atas dan lainnya untuk bertanya dan mendiskusikan puisi-puisinya kepada para guru, dosen atau penyair yang ada di kotanya masing-masing.
Tanjungpinang, 29 Januari 2014
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Label
A Rodhi Murtadho
A. Aziz Masyhuri
A. Qorib Hidayatullah
A. Zakky Zulhazmi
A.J. Susmana
A.S. Laksana
Aa Maulana
Abdi Purnomo
Abdul Azis Sukarno
Abdul Aziz Rasjid
Abdul Hadi W.M.
Abdul Kadir Ibrahim
Abdul Lathief
Abdul Wachid B.S.
Abdurrahman Wahid
Abidah El Khalieqy
Acep Zamzam Noor
Ach. Sulaiman
Achdiar Redy Setiawan
Adhitia Armitrianto
Adhitya Ramadhan
Adi Marsiela
Adi Prasetyo
Afrizal Malna
Ags. Arya Dipayana
Aguk Irawan MN
Agunghima
Agus B. Harianto
Agus Buchori
Agus M. Irkham
Agus Noor
Agus R. Sarjono
Agus R. Subagyo
Agus Sri Danardana
Agus Sulton
Agus Wibowo
Aguslia Hidayah
Ahda Imran
Ahmad Fatoni
Ahmad Hasan MS
Ahmad Ikhwan Susilo
Ahmad Kekal Hamdani
Ahmad Khotim Muzakka
Ahmad Rafiq
Ahmad Sahal
Ahmad Syubbanuddin Alwy
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ajip Rosidi
Akhiriyati Sundari
Akhmad Sekhu
Akmal Nasery Basral
Alex R. Nainggolan
Ali Ibnu Anwar
Ali Murtadho
Alia Swastika
Alunk S Tohank
Amanda Stevi
Amien Kamil
Amien Wangsitalaja
Anes Prabu Sadjarwo
Anindita S Thayf
Aning Ayu Kusuma
Anjrah Lelono Broto
Anton Kurnia
Anton Suparyanto
Anugrah Gio Pratama
Anung Wendyartaka
Aprinus Salam
Ardi Bramantyo
Arie MP Tamba
Arief Junianto
Arif Bagus Prasetyo
Aris Setiawan
Arman AZ
Arswendo Atmowiloto
Arti Bumi Intaran
AS Sumbawi
Asarpin
Asep Dudinov Ar
Asep Sambodja
Asvi Warman Adam
Awalludin GD Mualif
Ayung Notonegoro
Bagja Hidayat
Balada
Bale Aksara
Balok Sf
Bambang Kariyawan Ys
Bambang Kempling
Bandung Mawardi
Baridul Islam Pr
Bayu Agustari Adha
Beni Setia
Benny Arnas
Benny Benke
Berita
Berita Utama
Bernando J. Sujibto
Berthold Damshauser
Binhad Nurrohmat
Boni Dwi Pramudyanto
Bonnie Triyana
Boy Mihaballo
Bre Redana
Brunel University London
Budi Darma
Budi Hutasuhut
Budi P. Hatees
Budiman Sudjatmiko
Bulqia Mas’ud
Bung Tomo
Burhanuddin Bella
Cak Kandar
Catatan
Cerbung
Cerpen
Chairil Anwar
Chairul Abshar
Chamim Kohari
Chandra Johan
Chavchay Syaifullah
Cover Buku
Cucuk Espe
D. Dudu AR
D. Kemalawati
D. Zawawi Imron
Dadang Kusnandar
Dahono Fitrianto
Dahta Gautama
Damhuri Muhammad
Dami N. Toda
Damiri Mahmud
Danarto
Daniel Paranamesa
Darju Prasetya
Darmanto Jatman
David Krisna Alka
Deddy Arsya
Dedi Muhtadi
Dedy Tri Riyadi
Deni Andriana
Denny JA
Denny Mizhar
Deny Tri Aryanti
Dewi Rina Cahyani
Dian
Dian Hartati
Dian Sukarno
Dina Oktaviani
Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan
Dino Umahuk
Djadjat Sudradjat
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Dorothea Rosa Herliany
Dwi Cipta
Dwi Fitria
Dwi Pranoto
Dwi S. Wibowo
Dwi Wiyana
Dwicipta
E. Syahputra
Ebiet G. Ade
Eddy Flo Fernando
Edi Sembiring
Edy Firmansyah
Eep Saefulloh Fatah
Eka Budianta
Eka Fendri Putra
Eka Kurniawan
Ekky Siwabessy
Eko Darmoko
Elnisya Mahendra
Emha Ainun Nadjib
Emil WE
Endah Wahyuningsih
Endhiq Anang P
Erwin Y. Salim
Esai
Esha Tegar Putra
Evan Ys
Evi Idawati
F Rahardi
Fahmi
Fahrudin Nasrulloh
Faidil Akbar
Faisal Kamandobat
Faiz Manshur
Fajar Kurnianto
Fajar Setiawan Roekminto
Fakhrunnas MA Jabbar
Farid Gaban
Fathan Mubarak
Fathurrahman Karyadi
Fatkhul Anas
Fazar Muhardi
Febby Fortinella Rusmoyo
Felik K. Nesi
Festival Sastra Gresik
Fikri. MS
Fitri Yani
Frans Ekodhanto
Frans Sartono
Franz Kafka
Fredric Jameson
Friedrich Nietzsche
Fuad Anshori
Fuska Sani Evani
G30S/PKI
Gampang Prawoto
Ganug Nugroho Adi
Geger Riyanto
Gerakan Surah Buku (GSB)
Gerson Poyk
Gibb
Gilang Abdul Aziz
Ging Ginanjar
Gita Pratama
Goenawan Mohamad
Grathia Pitaloka
Gugun El-Guyanie
Gunoto Saparie
Gusti Eka
H.B. Jassin
Hadi Napster
Hadriani Pudjiarti
Halim H.D.
Hamdy Salad
Han Gagas
Handoko Adinugroho
Happy Ied Mubarak
Hardi Hamzah
Harfiyah Widiawati
Hari Puisi Indonesia (HPI)
Hari Santoso
Harie Insani Putra
Haris del Hakim
Haris Priyatna
Hary B Kori’un
Hasan Junus
Hasif Amini
Hasnan Bachtiar
Hasta Indriyana
Helmi Y Haska
Helwatin Najwa
Hendra Sugiantoro
Hendri R.H
Hendry CH Bangun
Henry Ismono
Hepi Andi Bastoni
Heri KLM
Heri Latief
Herie Purwanto
Herman Rn
Heru CN
Heru Joni Putra
Hudan Hidayat
Hudan Nur
I Nyoman Darma Putra
I Nyoman Suaka
I Nyoman Tingkat
I Tito Sianipar
Ibnu Wahyudi
Icha Rastika
Idha Saraswati
Ignas Kleden
Ignatius Haryanto
Ilenk Rembulan
Ilham Q Moehiddin
Ilham Yusardi
Imam Muhtarom
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Imron Rosyid
Imron Tohari
Indira Permanasari
Indra Intisa
Indra Tjahyadi
Indra Tranggono
Irfan Budiman
Ismi Wahid
Istiqamatunnisak
Iwan Komindo
Iwan Kurniawan
Iwan Nurdaya Djafar
Iyut FItra
Izzatul Jannah
J Anto
J.S. Badudu
Jafar M. Sidik
Jamal D Rahman
Jamal T. Suryanata
Jamil Massa
Janual Aidi
Januardi Husin
Javed Paul Syatha
Jefri al Malay
JJ Kusni
JJ Rizal
Jo Batara Surya
Jodhi Yudono
Johan Khoirul Zaman
Joko Pinurbo
Joko Sandur
Joni Ariadinata
Joss Wibisono
Jual Buku Paket Hemat
Judyane Koz
Jusuf AN
Karkono
Kasnadi
Katrin Bandel
Kedai Kopi Sastra
Kedung Darma Romansha
Ken Rahatmi
Khairul Amin
Khairul Mufid Jr
Khoshshol Fairuz
Kirana Kejora
Koh Young Hun
Komang Ira Puspitaningsih
Komunitas Deo Gratias
Kostela (Komunitas Sastra Teater Lamongan)
Kritik Sastra
Kurniawan
Kurniawan Junaedhie
Lan Fang
Lathifa Akmaliyah
Latief S. Nugraha
Leila S. Chudori
Lela Siti Nurlaila
Lidia Mayangsari
Lie Charlie
Liestyo Ambarwati Khohar
Liza Wahyuninto
Lukas Adi Prasetyo
Luky Setyarini
Lutfi Mardiansyah
M Fadjroel Rachman
M. Arman A.Z
M. Arwan Hamidi
M. Faizi
M. Lubabun Ni’am Asshibbamal S
M. Mustafied
M. Nahdiansyah Abdi
M. Shoim Anwar
M. Taufan Musonip
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
Mahdi Idris
Mahfud Ikhwan
Mahmud Jauhari Ali
Mahwi Air Tawar
Mainteater Bandung
Maman S. Mahayana
Manneke Budiman
Mardi Luhung
Marhalim Zaini
Maria Bo Niok
Mario F. Lawi
Mark Hanusz
Marsudi Fitro Wibowo
Martin Aleida
Martin Suryajaya
Marwanto
Maryati
Mashuri
Matdon
Matroni A. el-Moezany
Maya Mustika K.
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri
Mezra E. Pellondou
MG. Sungatno
Mh Zaelani Tammaka
Mihar Harahap
Mila Novita
Misbahus Surur
Muhajir Arrosyid
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Ali Fakih
Muhammad Amin
Muhammad Antakusuma
Muhammad Iqbal
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Nanda Fauzan
Muhammad Rain
Muhammad Yasir
Muhammad Zuriat Fadil
Muhammadun A.S
Mulyadi J. Amalik
Munawir Aziz
Murparsaulian
Musdalifah Fachri
Musfi Efrizal
Mustafa Ismail
Mustofa W. Hasyim
N. Syamsuddin CH. Haesy
Naskah Teater
Nazaruddin Azhar
Nelson Alwi
Nenden Lilis A
Neni Nureani
Ni Putu Rastiti
Nirwan Dewanto
Nita Zakiyah
Noor H. Dee
Noval Jubbek
Novel
Nur Faizah
Nur Syam
Nur Wahida Idris
Nurani Soyomukti
Nurdin Kalim
Nurel Javissyarqi
Nurrudien Asyhadie
Nurul Anam
Nurul Hadi Koclok
Nurur Rokhmah Bintari
Nuryana Asmaudi
Odi Shalahuddin
Oei Hiem Hwie
Okky Madasari
Okta Adetya
Olivia Kristina Sinaga
Otto Sukatno CR
Oyos Saroso HN
Pablo Neruda
Pamusuk Eneste
Pandu Radea
Parakitri
Parulian Scott L. Tobing
PDS H.B. Jassin
Pengantar Buku Kritik Sastra
Pepih Nugraha
Pesan Al Quran untuk Sastrawan
Petrik Matanasi
Pipiet Senja
Pitoyo Boedi Setiawan
Ponorogo
Pramoedya Ananta Toer
Pringadi Abdi Surya
Prof Dr Faisal Ismail MA
Prosa
Puisi
PuJa
Puji Santosa
Pungkit Wijaya
PUstaka puJAngga
Putri Utami
Putu Setia
Putu Wijaya
R. Toto Sugiharto
Radhar Panca Dahana
Ragil Supriyatno Samid
Rahmat Sudirman
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Ramadhan Batubara
Ramadhan Pohan
Rameli Agam
Ramon Damora
Ranang Aji SP
Ratih Kumala
Ratna Ajeng Tejomukti
Ratu Selvi Agnesia
Raudal Tanjung Banua
Reko Alum
Reny Sri Ayu
Resensi
Revolusi
RF. Dhonna
Riadi Ngasiran
Ribut Wijoto
Rinto Andriono
Riris K. Toha-Sarumpaet
Risang Anom Pujayanto
Robin Dos Santos Soares
Rodli TL
Rofiqi Hasan
Rosdiansyah
Rukardi
S Yoga
S. Jai
S. Satya Dharma
S.I. Poeradisastra
S.W. Teofani
Sabiq Carebesth
Sabpri Piliang
Sabrank Suparno
Sahaya Santayana
Saifur Rohman
Sainul Hermawan
Sajak
Sal Murgiyanto
Salamet Wahedi
Salman Rusydie Anwar
Salyaputra
Samsudin Adlawi
Sandipras
Sanggar Pasir
Sapardi Djoko Damono
Sarabunis Mubarok
Saroni Asikin
Sartika Dian Nuraini
Sastra
Sastra Perlawanan
Sastri Sunarti
Satmoko Budi Santoso
Saut Situmorang
Sejarah
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
Sekolah Literasi Gratis (SLG) STKIP Ponorogo
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Sergi Sutanto
Shafwan Hadi Umry
Shiny.ane el’poesya
Sholihul Huda
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sita Planasari A
Siti Irni Nidya Nurfitri
Siti Rutmawati
Siti Sa’adah
Sitok Srengenge
Siwi Dwi Saputro
Sjifa Amori
Sofian Dwi
Sofyan RH. Zaid
Soni Farid Maulana
Sony Prasetyotomo
Sosiawan Leak
Sri Wintala Achmad
St Sularto
Sudarmoko
Sulaiman Tripa
Sultan Yohana
Suminto A. Sayuti
Sunaryono Basuki Ks
Sungatno
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Sunudyantoro
Suroto
Surya Lesmana
Suryanto Sastroatmodjo
Susianna
Sutan Takdir Alisjahbana
Sutardi
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Suwardi Endraswara
Syaiful Amin
Syarif Hidayat Santoso
Syarifudin
Syifa Amori
Syifa Aulia
Tajuddin Noor Ganie
Tantri Pranashinta
Tanzil Hernadi
Taufik Ikram Jamil
Taufiq Wr. Hidayat
Teguh Winarsho AS
Tengsoe Tjahjono
Th. Sumartana
Theo Uheng Koban Uer
Theresia Purbandini
Thowaf Zuharon
Tien Rostini
Titian Sandhyati
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widijanto
Tjoet Nyak Dhien
Toef Jaeger
Toko Buku Murah PUstaka puJAngga Lamongan
Tri Wahono
Triyanto Triwikromo
Tu-ngang Iskandar
Tulus Wijanarko
Udin Badruddin
Udo Z. Karzi
Umar Fauzi
Umbu Landu Paranggi
Umi Laila Sari
Umi Lestari
Universitas Indonesia
Untung Wahyudi
Virdika Rizky Utama
Vyan Taswirul Afkar
W.S. Rendra
Wahyu Prasetya
Wahyudi Akmaliah Muhammad
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Welly Adi Tirta
Widi Wastuti
Wiji Thukul
Wisnu Kisawa
Wiwik Widayaningtias
Y. Thendra BP
Yona Primadesi
Yosephine Maryati
Yosi M Giri
Yudhis M. Burhanuddin
Yulizar Fadli
Yurnaldi
Yusri Fajar
Yuyuk Sugarman
Zainal Arifin Thoha
Zaki Zubaidi
Zamakhsyari Abrar
Zawawi Se
Zehan Zareez
Zulkarnain Zubairi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar